Manfaat Aplikasi Water Evaluation and Planning atau WEAP

Manfaat Aplikasi Water Evaluation and Planning atau WEAP – Bagi makhluk hidup, air merupakan kebutuhan yang sangat penting. Makhluk hidup tidak dapat mempertahankan hidupnya tanpa adanya air. Oleh sebab itulah, banyak makhuk hidup yang menempati wilayah tertentu berdasarkan dengan keberadaan sumber air. Air yang merupakan sumber daya dinamis memiliki kaitan yang sangat erat dengan siklus hidrologi. Permasalahan yang sering timbul pada pengelolaan sumber mata air adalah krisis air bersih. Masalah tersebut bukanlah masalah yang aneh mengingat terjadinya kerusakan pada lingkungan dan tingkah laku tak bertanggung jawab yang dilakukan oleh manusia. Jika masalah mengenai keberadaan air bersih yang tidak diatasi dengan segera, kita sebagai makhuk hidup akan merasakan getahnya. Karena itulah, kita harus berperan aktif dalam menangani masalah kiris air bersih. Guna memantau keberadaan sumber daya air tanah dan kepedulian terhadap lingkungan, kita dapat memanfaatkan aplikasi Water Evaluation and Planning atau WEAP.

Menjadi aplikasi yang bermanfaat bagi lingkungan dan sumber daya air tanah, aplikasi WEAP masih belum banyak diketahui oleh masyarakat saat ini. Aplikasi Water Evaluation and Planning atau WEAP merupakan aplikasi komputer yang diciptakan guna melakukan evaluasi terdapat sumber daya air tanah. Tidak hanya itu, aplikasi WEAP juga dapat digunakan untuk melakukan pengembangan terhadap sumber daya mata air tanah yang berkelanjutan. Jika kita memperhatikan mengenai prinsip kerja aplikasi, ada beberapa kriteria yang memenuhi aplikasi sebagai alat mengelola sumber daya air tanah. Kriteria aplikasi WEAP terdiri dari pengelolaan infrastruktur keairan, pemanfaatan, pengendalian, perlindungan dan wawasan mengenai lingkungan sekitar. Aplikasi WEAP dibuat agar keseimbangan sumber air tanah di desan dan kota dapat diseimbangkan. Melalui aplikasi WEAP, kita dapat mengetahui dengan jelas bahwa sumber daya air tanah tidak dibatasi oleh batas daerah melainkan dibatasi oleh daerah air sungai. Tak mengherankan jika ada banyak aliran air sungai yang melintas di wilayah tertentu.

Aplikasi Water Evaluation and Planning atau WEAP dapat pula digunakan untuk mensimulasikan komponen alam, rekayasa sistem. aliran air relatif, prioritas alokasi, kebijakan air, resapan air tanah, kualitas air, curah hujan, konservasi air, generasi hydropower, operasi reservoir dan persyaratan ekosistem. Untuk memanfaatkan aplikasi WEAP, kita juga harus memperhatikan lingkunga di sekitar kita. Kita dapat menilai apakah lingkungan yang berada di sekitar memiliki potensi yang tinggi untuk menemukan sumber air tanah. Sumber air tanah dengan jumlah berlebih tidak dianjurkan untuk dipilih karena akan memberikan dampak yang tidak diharapkan. Jumlah sumber air yang terlalu besar nantinya akan membuat permukaan muka air tanah akan menurun, tanah yang ambles dan kualitas air tanah yang berkurang. Karena itulah, kita harus memperhatikan lingkungan sekitar sebelum memanfaatkan aplikasi WEAP.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
YouTube
Instagram